Capaian Pembelajaran

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan

  1. Menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
  2. Menguasai konsep dan prinsip dasar biologi berkaitan dengan Biologi sel, dan molekul, Fisiologi, Genetika, Struktur dan perkembangan, Biosistematika, evolusi, dan ekologi dalam pembelajaran biologi sekolah.
  3. Menguasai konsep dan prinsip dasar-dasar kependidikan dan keahlian profesi pendidikan biologi.
  4. Menguasai konsep statistika, biofisika, kimia organik dan biokimia; menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan biologi pada bidang pangan, lingkungan (hayati), dan sumberdaya hayati dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungan; menguasai konsep, prinsip-prinsip, dan aplikasi bioteknologi yang relevan.
  5. Menguasai prinsip dasar aplikasi perangkat untuk keperluan analisis dan sintesis di bidang Biologi (misal prinsip dasar aplikasi mikroskop.
  6. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, dan evaluasi/asesmen yang berorientasi pada kecakapan hidup untuk mendukung pembelajaran biologi di sekolah serta merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi sesuai tuntutan kurikulum sekolah yang berorientasi pada kemampuan TPCK (Tecnological Pedadogical Content Knowledge)
  7. Menguasai dasar-dasar penelitian kependidikan, berbagai analisis statistik dan mengaplikasikannya dalam penelitan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi serta mengkomunikasikan hasilnya baik lisan maupun tulisan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam maupun luar institusi
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu dan pendidikan MIPA/biologi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari;
  2. MampuĀ  menerapkan berbagai metode pembelajaran secara efektif, kreatif danĀ  inovatif dalam pembelajaran.
  3. Mampu menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal dan mengkombinasikannya dengan kemajuan IPTEK untuk kepentingan penelitian pendidikan biologi, lingkungan, dan atau pembelajaran biologi.
  4. Mampu menyajikan alternatif solusi terhadap masalah bidang kependidikan dan permasalahan keilmuwan yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara cepat.
  5. Mampu mengembangkan ide-ide berwirausaha dengan memanfaatkan sumberdaya alam hayati local untuk menunjang kebutuhan pangan dan kesehatan dengan tetap memperhatikan pemanfaatannya.